RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata
Pelajaran : IPA
Materi pokok : Gaya gravitasi
Kelas
/ Semester : V / II
Hari
/ Tanggal :
Waktu :
Standar Kompetensi :
Memahami hubungan antara gaya, gerak, dan energi
serta fungsinya.
Kompetensi Dasar :
Mendeskripsikan hubungan antara gaya, gerak, dan
energi melalui percobaan (gaya gravitasi, gaya gerak, gaya magnet).
Indikator : Siswa
dapat:
1.
Membandingkan
kecepatan jatuh dua buah benda (yang berbeda berat, bentuk, dan ukuran) dari
ketinggian.
2.
Menyimpulkan
bahwa gaya gravitasi menyebabkan benda bergerak ke bawah.
I.
Tujuan Pembelajaran :
Dapat menjelaskan tentang gaya gravitasi.
II.
Dampak
Pengiring ;
1.
Disiplin
(discipline)
2.
Tekun
(diligence)
3.
Tanggung
Jawab (responsibility)
4.
Ketelitian
(carefulness)
5.
Kerja
Sama (cooperation)
6.
Toleransi
(tolerance)
7.
Percaya
Diri (confidence)
8.
Keberanian
(bravery)
III.
Materi Pokok / Materi Pelajaran:
GAYA GRAVITASI
Gaya gravitasi
adalah gaya yang disebabkan oleh gaya tarik bumi. Bumi menarik benda-benda yang
ada di permukaan bumi. Makin jauh dari bumi, makin kecil gaya gravitasinya. Di
angkasa luar tidak ada gaya gravitasi. Semua benda bisa melayang-layang
tak menentu. Contohnya astronot yang melayang layang di angkasa.
Buah yang
lepas dari tangkai pohonnya akan jatuh ke bawah. Hal itu juga berlaku jika bola dilempar ke atas.
Bola yang dilempar ke atas, pada saat mencapai puncak, bola juga akan jatuh ke
tanah. Semua benda jika jatuh akan menuju ke tanah. Hal itu disebabkan adanya
gaya gravitasi.
Arah
gerak jatuh kelereng setelah menggelinding di atas meja adalah menuju ke
lantai, lantai berada di bawah meja. Lalu, gerak jatuh buah kelapa, buah durian, dan juga benda lainya
yang selalu menuju ke bawah bila difikirkan apa yang menyebabkan gerak jatuh
berbagai benda itu menuju ke bawah? Tak hanya kelereng dan buah saja yang
mengalami gerak jatuh. Benda padat dan cair apapun yang di lemparkan ke atas,
bisa turun lagi menuju bumi. Gerak turun menuju bumi itulah yang dinamakan gerak
jatuh.
Benda dan
buah yang jatuh karena dipengaruhi oleh gaya grafitasi.
IV.
Metode:
-
Ceramah
-
Tanya
jawab
-
Eksperimen
dan
-
Pemberian
tugas
V.
Langkah-langkah Kegiatan:
A. Kegiatan Awal
1. Guru mengucapkan salam.
2. Guru berdoa bersama-sama untuk memulai pelajaran.
3. Guru mengabsen siswa.
4. Guru menyiapkan bahan ajar.
5. Guru mengadakan apersepsi.
B. Kegiatan Inti
1. Guru menjelaskan materi pembelajaran tentang
gaya gravitasi dengan menggunakan media LCD.
2. Guru memberikan kesempatan kepada siswa
untuk bertanya
3. Guru memberi tugas mengerjakan soal
4. Guru mengoreksi langsung hasil pekerjaan
siswa yang sudah selesai lalu segera
membagikan lagi
5. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
memperbaiki kesalahan yang dilakukan. Demikian seterusnya sampai seluruh siswa
menyelesaikan pekerjaannya.
6. Guru menjelaskan kembali jika ada soal
yang sebagian besar siswa tidak bisa mengerjakannya.
C. Kegiatan Penutup
1. Guru menyimpulkan materi pelajaran.
2. Guru memberikan pesan kepada siswa agar
lebih giat belajar.
3. Guru mengakhiri pelajaran dengan
mengucapkan salam.
VI.
Media
dan Sumber :
A. Media: LCD
B. Sumber: Drs.Haryanto. Sain Buku kelas
V ktsp 2006. jakarta;erlangga, februari 2007
VII.
Penilaian :
-
Tes tertulis
-
Tes lisan
-
Instrumen penilaian (lampiran)
soal
1.
Mengapa
benda yang jatuh selalu menuju ke tanah?
2. Apa yang dimaksud gaya gravitasi?
3. Apa yang terjadi jika bumi tidak mempunyai gaya gravitasi?
4. Apa yang memengaruhi kecepatan benda jatuh?
2. Apa yang dimaksud gaya gravitasi?
3. Apa yang terjadi jika bumi tidak mempunyai gaya gravitasi?
4. Apa yang memengaruhi kecepatan benda jatuh?
Jawaban
1. Karena adanya gaya gravitasi bumi
2. gaya
tarik-menarik yang terjadi antara semua partikel yang mempunyai massa di alam
semesta.
3. Maka seluruh artikel yang ada di bumi melayang-layang
4. Berat, bentuk, dan ukuran.
bgus lumayanbisa ngerjain tugas deh
BalasHapus