Halaman

Minggu, 13 Mei 2012

Pengertian Belajar Dan Pembelajaran


BAB I
PENGERTIAN BELAJAR DAN PEMBELAJARAN

A.   PENGERTIAN BELAJAR
1.    Definisi Belajar Pendapat Para Ahli
Banyak ahli yang mengemukakan pengertian belajar. Pertama, Cronbach (1954). Menurut Cronbach, "Learning is shown by change in behavior as result of experience". Belajar yang terbaik adalah melalui pengalaman. Dengan pengalarnan tersebut pelajar menggunakan seluruh pancainderanya. Pendapat ini sesuai dengan apa yang dikernukakan oleh Spears (1955), yang menyatakan bahwa "Learning is to observe, to read, to imitate, to try something themselves, to listen, to follow direction".
Kedua, Morgan dan kawan-kawan (1986), yang menyatakan bahwa belajar adalah perubahan tingkah laku yang relatif tetap dan terjadi sebagal hasil latihan atau pengalarnan. Pernyataan Morgan dan kawan-kawan ini senada dengan apa yang dikernukakan para ahli yang menyatakan bahwa belajar merupakan proses yang dapat menyebabkan perubahan tingkah laku disebabkan adanya reaksi terhadap suatu situasi tertentu di dalam diri seseorang. Perubahan ini tidak terjadi karena adanya warisan genetik atau respons secara alarniah, kedewasaan, atau keadaan obat-obatan, rasa takut, dan sebagainya. Melainkan perubahan dalarn permahaman, perilaku, Persepsi, motivasi, atau gabungan dari semuanya.
Seperti halnya para ahli yang menekankan pengalarnan dan latihan sebagal mediasi bagi kegiatan belajar, Woolffolk (1995) juga menyatakan bahwa " learning occurs when experience causes a relatively permanent change in an individual's knowledge or behavior". Disengaja atau tidak. perubahan yang terjadi melalui proses belajar ini bisa saja ke arah yang lebih baik atau malah sebaliknya, kea rah yang salah.
Dan berbagal definisi di atas, kita dapat menemukan kesamaan-kesamaan pengertian yang dikernukakan oleh para ahli psikologi maupun ahli pendidikan. Bedanya, ahli psikologi memandang belajar sebagai perubahan yang dapat dilihat dan tidak peduli apakah hasil belajar tersebut mengharnbat atau tidak menghambat proses adaptasi seseorang terhadap kebutuhan-kebutuhan dengan masyarakat dan lingkungannya. Sedangkan para ahli pendidikan memandang bahwa belajar adalah proses perubahan manusia ke arah tujuan yang 1ebih baik dan bermanfaat bagi dirinya maupun orang lain.

Kesempurnaan Ciptaan Atom


Kesempurnaan Penciptaan
Atom

HARUN YAHYA