BAB I
PENGERTIAN BELAJAR DAN PEMBELAJARAN
PENGERTIAN BELAJAR DAN PEMBELAJARAN
A. PENGERTIAN BELAJAR
1. Definisi Belajar Pendapat Para Ahli
Banyak ahli yang mengemukakan pengertian
belajar. Pertama, Cronbach (1954).
Menurut Cronbach, "Learning is shown
by change in behavior as result of experience". Belajar yang terbaik
adalah melalui pengalaman. Dengan pengalarnan tersebut pelajar menggunakan
seluruh pancainderanya. Pendapat ini sesuai dengan apa yang dikernukakan oleh
Spears (1955), yang menyatakan bahwa "Learning
is to observe, to read, to imitate, to try something themselves, to listen, to
follow direction".
Kedua, Morgan dan kawan-kawan (1986), yang
menyatakan bahwa belajar adalah perubahan tingkah laku yang relatif tetap dan
terjadi sebagal hasil latihan atau pengalarnan. Pernyataan Morgan dan kawan-kawan
ini senada dengan apa yang dikernukakan para ahli yang menyatakan bahwa belajar
merupakan proses yang dapat menyebabkan perubahan tingkah laku disebabkan
adanya reaksi terhadap suatu situasi tertentu di dalam diri seseorang.
Perubahan ini tidak terjadi karena adanya warisan genetik atau respons secara
alarniah, kedewasaan, atau keadaan obat-obatan, rasa takut, dan sebagainya.
Melainkan perubahan dalarn permahaman, perilaku, Persepsi, motivasi, atau gabungan
dari semuanya.
Seperti halnya para ahli yang menekankan
pengalarnan dan latihan sebagal mediasi bagi kegiatan belajar, Woolffolk (1995)
juga menyatakan bahwa " learning
occurs when experience causes a relatively permanent change in an individual's
knowledge or behavior". Disengaja atau tidak. perubahan yang terjadi
melalui proses belajar ini bisa saja ke arah yang lebih baik atau malah
sebaliknya, kea rah yang salah.
Dan berbagal definisi di atas, kita dapat
menemukan kesamaan-kesamaan pengertian yang dikernukakan oleh para ahli psikologi
maupun ahli pendidikan. Bedanya, ahli psikologi memandang belajar sebagai
perubahan yang dapat dilihat dan tidak peduli apakah hasil belajar tersebut
mengharnbat atau tidak menghambat proses adaptasi seseorang terhadap kebutuhan-kebutuhan
dengan masyarakat dan lingkungannya. Sedangkan para ahli pendidikan memandang
bahwa belajar adalah proses perubahan manusia ke arah tujuan yang 1ebih baik
dan bermanfaat bagi dirinya maupun orang lain.